KODIM 0708/PURWOREJO

Bersama Rakyat TNI Kuat



Babinsa Kledung Kradenan Komsos Dengan Pengrajin Batu Akik

Purworejo – Babinsa Kledung Kradenan, anggota Koramil 04/Banyuurip, Kodim 0708/Purworejo, Serda Riyanto melakukan komunikasi sosial (Komsos) dengan Edis (37), seorang pengusaha batu akik di wilayah binaanya di RT 03 RW 04 kelurahan Kledung Kradenan, kecamatan Banyuurip, kabupaten Purworejo, Minggu  (2/12/2018).
Dalam komsosnya kali ini Babinsa kelurahan Kledung Kradenan, Serda banyak mendapatkan ilmu tentang tehnik dan cara pembuatan batu akik.
Edis, pengusaha batu akik dari Kledung Kradenan mengatakan, jika usaha pembuatan batu akik yang dilakukan masih bersifat sederhana atau dapat disebut semi tradisional.
“Kami belum menggunakan mesin cetak batu tetapi juga sudah tidak lagi menggunakan batu asahan manual seperti yang dilakukan orang-orang jaman dahulu,” ucapnya.
Berikutnya dijelaskan proses tentang tehnik dan cara pembuatan batu akik mulai dari pemilihan bahan batu akik, memotong bahan tersebut sesuai ukuran yang diinginkan, pembentukan bahan batu dan proses pengasahan.
“Pada proses pengasahan ini kita persiapkan alat asah yaitu gerinda yg sudah kita tempelkan alat tetes air dari infus bekas yg dimodifikasi,” jelas Edis.
Selanjutnya dijelaskan, setelah proses pengasahan selesai dibentuk dengan gerinda, sebaiknya batu akik diasah lg dengan asahan manual secara merata agar tidak ada cekungan pada permukaan batu akik.
“Jika sudah yakin permukaanya tidak ada cekungan lagi, baru kita amplas dengan ukuran yang bervariasi sampai tidak ada goresan sedikitpun pada batu akik,” terangnya.
Pada proses pengamplasan harus rutin dicelupkan ke air agar batu tidak panas dan keluar kapur/bercak putih.
“Proses finishing atau proses pelicinan  kita gunakan amplas ukuran 5000 atau bisa menggunakan bambu atau bisa juga digosok menggunakan serbuk intan tanpa diberi minyak pada bahan kulit,” tandasnya.
Pada kegiatan komsos dengan pengusaha batu akik kali ini, Serda Riyanto tidak hanya mendapatkan ilmu tentang tehnik dan cara pembuatan batu akik semata, tapi juga untuk membentuk jaring teritorial guna mendapatkan segala informasi yg berkembang dan terjadi di wilayah binaanya.
  • Published On : 3 tahun ago on Desember 3, 2018
  • Author By :
  • Last Updated : Desember 3, 2018 @ 1:22 am
  • In The Categories Of : Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

';