KODIM 0708/PURWOREJO

Bersama Rakyat TNI Kuat



Babinsa Desa Petuguran Koramil 09/Pituruh hadiri Sosialisasi Pembentukan dan Pengangkatan Perangkat Desa

 

 

Pituruh-Babinsa desa Petuguran Koramil 09/Pituruh Serda Novi menghadiri acara sosialisasi pembentukan dan pengangkatan perangkat desa bertempat di balai desa Petuguran.Kecamatan Pituruh,Kabupaten Purworejo,Senin (26/07/2021)

Sosialisasi itu sendiri dimakasudkan agar masyarakat mengetahui dasar peraturan Nomor 2 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Banyaknya kendala yang terjadi ketika dilaksanakannya pemilihan atau dengan perkataan pemilihan Perangkat Desa tidak jarang menimbulkan konflik sektoral di tengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut disebabkan juga oleh berbagai faktor, misalnya tidak terima dengan kekalahan, tuduhan terhadap panitia pemilihan yang melakukan kecurangan, tuduhan terhadap panitia pemilihan yang tidak netral, terjadinya money politic dan faktor-faktor lainnya. Kewenangan yang di miliki oleh Kepala Desa memiliki satu prinsip penyelenggaraan pemerintahan desa yakni prinsip demokrasi dan prinsip musyawarah.

Dalam undang-undang ini mengatur bahwa pemilihan perangkat desa harus melalui proses penyaringan dan penjaringan. Penyeleksian, Penjaringan dan penyaringan bakal Calon Perangkat Desa harus dilaksanakan dengan bekerjasama secara optimal hal ini dimaksudkan agar dapat terpilihnya calon-calon pemimpin yang lebih baik yang dapat mewakili aspirasi rakyat dengan cara yang lebih baik pula.

Adapun penambahan tes tulis untuk para calon perangkat Desa dimaksudkan agar Calon perangkat Desa nantinya memiliki kopetensi yang lebih pantas dan berbobot.

Prinsip demokrasi yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. tersebut menunjukkan bahwa perangkat desa harus merupakan kesepakatan terbanyak dari warga desa yang bersangkutan, sehingga akan mampu meningkatkan keikutsertaan atau partisipasi masyarakat di dalam memilih Perangkat Desa,”tutup.

  • Published On : 3 bulan ago on Juli 26, 2021
  • Author By :
  • Last Updated : Juli 26, 2021 @ 1:52 pm
  • In The Categories Of : Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

';