KODIM 0708/PURWOREJO

Bersama Rakyat TNI Kuat



Hormati Tradisi Lokal, Babinsa Komsos Dengan Juru Kunci Punden Perigi

Purworejo – Babinsa Koramil 04/Banyuurip, Kodim 0708/Purworejo, Serda Ari Fiyono melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan Sumarto (61), juru kunci Punden Perigi di Desa Banyuurip, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Rabu (12/01).
Dalam kesempatan tersebut, juru kunci Punden Perigi yang akrab dipanggil Mbah Marto menjelaskan, bahwa Punden Perigi atau Punden batu merupakan bangunan joglo kecil yang berukuran 3,2 m x 3,2 m berlantai ubin putih yang digunakan sebagi tempat pertapaan seorang pangeran yang berasal dari Majapahit (menurut babad Banyu Urip).
“Di dalam bangunan tersebut terdapat batu bekas tempat duduk Pangeran Joyokusumo, batu lutut, batu dakon, batu lumpang dan sebuah yoni sebagai tempat menampung air untuk membasuh muka (yang oleh sementara orang dipercaya dapat mendatangkan berkah),” tutur Mbah Marto dengan wajah serius.
Mbah Marto melanjutkan, pada sebelah barat Punden Perigi terdapat bangunan berukuran 8 m x 16 m yang sering digunakan untuk pertunjukan wayang kulit oleh penduduk setempat sehabis panen musim kemarau.
“Pertunjukan tersebut merupakan ungkapan syukur masyarakat setempat atas keselamatan dan hasil panen yang diperoleh,” ungkapnya.
Sementara itu, Babinsa Serda Ari Fiyono pada kesempatan yang sama mengungkapkan, sebagai Babinsa sudah selayaknya dirinya harus mengetahui sejarah tempat-tempat yang disakralkan oleh warga setempat serta menghormati tradisi lokal yang dilakukan warga setempat.
“Sebagai Babinsa saya harus menguasai yang namanya Geo, Demo serta Konsos wilayah binaan agar dalam pelaksanaan tugas pokok dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.
  • Published On : 2 minggu ago on Januari 13, 2022
  • Author By :
  • Last Updated : Januari 13, 2022 @ 4:13 am
  • In The Categories Of : Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

';