KODIM 0708/PURWOREJO

Bersama Rakyat TNI Kuat



Kodim 0708 Purworejo Mengelar Upacara Hari Kebagkitan Nasional ke 114

Purworejo – Memperingati Hari Kebagkitan Nasional ke 114 Tahun 2022 Kodim 0708 Purworejo menyelenggarakan upacara bendera merah putih di halaman Makodim. Jumat (20/5).

Upacara di ikuti oleh anggota Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS jajaran Kodim Purworejo. Bertindak sebagai Inspektur upacara Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim S. Sos. M. Si.dan Komandan upacara Kapten Infanteri Paijo.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. Pada tahun ini dengan tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan agar bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir ini.

Dalam amanatnya Dandim Letkol Inf Lukman Hakim menyampaikan pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

“Semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa, ” ungkapnya.

Lebih lanjut Boedi Oetomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang
bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan.

“Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah
untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran dan kekebudayaan”, pungkasnya.

  • Published On : 1 bulan ago on Mei 20, 2022
  • Author By :
  • Last Updated : Mei 20, 2022 @ 3:29 am
  • In The Categories Of : Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

';