KODIM 0708/PURWOREJO

Bersama Rakyat TNI Kuat



Jaga Tradisi, Babinsa Koramil 04/Banyuurip Hadiri Selamatan Dan Doa Bersama

Purworejo – Babinsa Koramil 04/Banyuurip, Kodim 0708/Purworejo Sertu Parlan menghadiri kegiatan selamatan dan doa bersama sebelum dimulainya pembangunan jalan dan talud di wilayah Desa Malangrejo Kecamatan Banyuutip Kabupaten Purworejo, Rabu (27/07).
Selamatan merupakan sebuah tradisi ritual yang hingga kini tetap dilestarikan oleh sebagian besar masyarakat Jawa. Salah satu upacara adat Jawa ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah dan karunia yang diberikan Tuhan.
Istilah selamatan sendiri berasal dari bahasa arab yakni salamah yang memiliki arti selamat atau bahagia.
Dalam prakteknya, selamatan atau syukuran dilakukan dengan mengundang beberapa kerabat atau tetangga, secara tradisional acara syukuran dimulai dengan doa bersama, dengan duduk bersila di atas tikar, melingkari nasi tumpeng dengan lauk pauk dan kemuadian di lanjutkan dengan menikmati nasi tumpeng tersebut secara bersama-sama.
Dikatakan Babinsa Sertu Parlan, kegiatan selamatan dilakukan di jalan yang akan dibangun dengan maksud sebagai ungkapan rasa syukur, dan berdoa memohon kepada yang Khaliq agar pembangunan berjalan dengan aman, lancar dan hasil pembangunan ini dapat dirasakan masyarakat. Kegiatan selamatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan kelancaran saat dilaksanakannya pembangunan ini.
“Ini adalah adat budaya leluhur yang harus kita pertahankan, kita generasi sekarang berkewajiban untuk melestarikannya,” tutup Babinsa Sertu Parlan.
  • Published On : 2 minggu ago on Juli 27, 2022
  • Author By :
  • Last Updated : Juli 27, 2022 @ 12:23 pm
  • In The Categories Of : Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

';