KODIM 0708/PURWOREJO

Bersama Rakyat TNI Kuat



Dandim Purworejo Meninjau Tanah Longsor Di Desa Kemanukan

Purworejo – Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Yohanes Heru Wibowo di dampingi oleh Danramil 16 Bagelen , Perwira Seksi Operasi, Wakapolsek Bagelen meninjau tanah longsor yang yang menimpa rumah milik Wito Dimejo (61) warga Rt 03 Rw 04 Dusun Karangrejo Desa Kemanukan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Jumat,(4/10).

Longsor yang menimpa rumah bagian depan milik Wito Dimejo di sebabkan karena tebing setinggi 20 meter yang tidak mampu menahan derasnya air karena hujan lebat sejak sore hingga dini hari yang mengguyur sebagian besar wilayah di Kecamatan Bagelen.

Akibat tanah longsor tersebut dinding rumah bagian depan jebol sehingga sebagain material longsor masuk ke dalam rumah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian di taksir mencapai puluhan juta rupiah.

Dandim Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo menyampaikan kegiatannya peninjauan lokasi longsor ini dalam rangka untuk memastikan penanganan yang sudah di lakukan oleh jajaranya dalam membantu warga masyarakat yang terkena musibah terutama pembersihan materil longsor yang menimpa rumah milik warga di Desa Kemanukan.

“Untuk di wilayah Kecamatan Bagelen terjadi tanah longsor di 7 Desa yang menutup akses jalan dan menimpa sebagian rumah milik warga, ” Ungkap Dandim.

Lebih lanjut Dandim menambahkan dalam penanganan tanah longsor maupun bencana yang terjadi kususnya di wilayah Kabupaten Purworejo pihak Kodim akan selalu berkoordinasi dengan aparat yang lain seperti BPBD, Polres Purworejo, Pemerintah Kecamatan dan Desa maupun juga dengan masyarakat untuk merespon cepat dalam penanganannya.

“Hari ini kodim menerjunkan personil dari Koramil 16 Bagelen untuk membantu membuka akses jalan yang tertimpa material longsor dan juga mengirim anggota siaga untuk membersihkan material longsor yang menimpa rumah di Desa Kemanukan, ” imbuhnya.

Dengan curah hujan di wilayah Kabupaten Purworejo yang cukup tinggi ini, Dandim berpesan kepada seluruh masyarakat untuk lebih waspada terutama warga yang tinggal di daerah rawan bencana pada saat hujan turun tanpa henti untuk bisa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Apabila ada kejadian bencana, di harapkan masyarakat bisa melaporkan ke aparat Babinsa dan Babinkamtibmas di Desa masing masing agar penanganan bisa segera teratasi, ” pungkasnya.

  • Published On : 4 minggu ago on November 4, 2022
  • Author By :
  • Last Updated : November 4, 2022 @ 7:44 am
  • In The Categories Of : Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

';