KODIM 0708/PURWOREJO

Bersama Rakyat TNI Kuat



Dandim Bersama Komunitas Pecinta Alam Lepas Puluhan Burung Perkutut dan Kolibri di Bukit Pajangan

 

Purworejo. DalamRangka Sedekah bumi Kodim 0708 Purworejo bekerja dengan komunitas Komunitas Offroad, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Krema Kopi Purworejo, KNPI, Lelana Jurnal, Pemuda Pancasila dan komunitas pencinta alam melepaskan burung Perkutut dan Kolibri, di Bukit Pajangan Desa Sidomulyo Purworejo, Minggu, (2/5/2021).

 

Dandim Purworejo, Letkol Inf Lukman Hakim, S.Sos, M.Si, menyampaikan bahwa, kegiatan sedekah alam yang di gagas PSHT sangatlah bermanfaat, “mari kita  berlomba-lomba dalam kebaikan, selain dengan sesama, kita juga harus berbuat baik dengan alam, pastinya alam sendiri akan memberikan yang terbaik juga kepada kita,” ungkapnya.

 

“Orang baik akan selalu bertemu dengan orang baik, semoga kegiatan sedekah alam dapat menjadi promotor kegiatan sosial alam lainnya,”ucap  Dandim.

 

Tumingan Warga Bukit Panjang menceritakan, jika bukit pajangan memiliki cerita rakyat turun temurun, dahulu kata simbah-simbah bukit ini peninggalan kerajaan yang ingin membuat candi, namun sebelum candi tersebut jadi kerajaan sudah kalah perang.

 

“Disini ditemukan beberapa batuan yang tersusun rapi, kono waktu saya kecil dilarang mengambil bengkoang disekitar bukit Pajangan, kramat katanya,” jelasnya.

 

Dari bukit pajangan bisa melihat kota Purworejo, sunset dan beberapa gunung, bisa dinikmati dengan ngopi ateng gayo. Tumingan berharap adanya UU desa yang melarang pemburuan burung dan satwa di desa Sidomulyo.

 

Ketua cabang PSHT Kabupaten Purworejo, Drs Setiobudi Tjahyono, kegiatan sosial menjadi salah satu kegiatan pokok dari PSHT, setiap anggota PSHT harus tanggap dan peka akan lingkungan sekitar.

 

“Meski PSHT berlatar belakang ilmu beladiri, namun di dalam PSHT diajarkan juga ilmu kehidupan, urip kui urup, tolong menolong sesama manusia dan juga alam ialah realisasi yang diajarkan di PSHT,” terangnya.

 

Dijelaskan, memilih burung perkutut dilepas dikarenakan burung endemik yang memiliki ke Khasan tersendiri dan sudah jarang ditemui atau dengar di alam bebas, dan burung Kolibri diharapkan dapat membantu penyerbukan dengan lebih efektif.

  • Published On : 1 minggu ago on Mei 4, 2021
  • Author By :
  • Last Updated : Mei 4, 2021 @ 4:16 am
  • In The Categories Of : Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

';